Tips Memilih Agen Properti Yang Profesional

Menjual properti yang Anda miliki tanpa perantara akan terlihat sangat menguntungkan. Akan tetapi dibalik itu, penjualan yang Anda lakukan akan menguras banyak tenaga dan waktu.

Terlebih jika pengetahuan Anda tentang harga di pasaran tidak mumpuni. Hal tersebut akan membuat Anda menuai kerugian. Sudah rugi waktu dan tenaga, masih juga mengalami kerugian harta.

Tips Memilih Agen Properti Yang Profesional

Untuk meminimalisir kerugian tersebut, Anda bisa mempercayakan penjualan properti pada agen. Selain dalam menjual properti, Anda juga bisa bekerja sama dengan agen ketika akan membelinya.

Sebab agen yang baik akan membantu anda dalam menentukan harga yang tepat. Namun, memilih agen properti yang baik tidak semudah yang Anda bayangkan. Anda harus selektif untuk memilih agen properti yang profesional.

Berikut ini penulis akan paparkan tips memilih agen properti:

1. Meminta rekomendasi

Dalam menilai kemampuan agen, Anda bisa melihat track record-nya. Anda bisa meminta rekomendasi pada kolega, keluarga, maupun teman yang sudah anda percaya. Dengan begitu anda bisa mengetahui apakah agen tersebut profesional atau tidak.

Atau cara yang lebih praktis adalah dengan mengikuti forum diskusi pada medsos, sehingga anda dengan mudah mendapatkan informasi mengenai agen properti yang kredibel dan profesional.

Anda juga bisa meminta rekomendasi langsung dari forum tersebut. Biasanya teman-teman medsos anda akan segera menanggapinya. Dengan begitu kemungkinan Anda memilih agen properti yang salah menjadi kecil.

2. Cari tahu profil agen

Cara yang paling mudah untuk mengetahui profil agen properti adalah dengan mengunjungi website yang berkaitan.
Yang perlu Anda cari tahu adalah tentang kapan agen tersebut memulai bisnis, membaca review, bagaimana cara pemasarannya, serta cara mencari pembeli yang potensial. Anda harus cukup jeli agar tidak salah memilih agen properti.

3. Cepat dalam merespons

Dalam memilih agen properti tentu saja Anda menginginkan kecepatan tanggapnya baik. Anda dapat melakukan test terhadap kecepatannya dalam merespons saat pertama kali menghubunginya.

Ini menunjukkan bahwa agen tersebut memiliki keinginan dalam berbisnis dan menarik perhatian pelanggan. Agen properti yang baik dan profesional akan selalu menyediakan waktu untuk peluang baru yang datang. Untuk itu, Anda perlu melakukan ujian tersebut agar bisa memilih agen properti yang tepat.

4. Pilihlah agen yang ramah

Anda perlu memilih agen properti yang ramah, sebab Anda harus menjalin hubungan baik dengannya. Untuk menghindari kesalahan dalam penyampaian informasi Anda harus memiliki komunikasi yang baik.

Transaksi properti merupakan sebuah proses menjual ataupun membeli yang terhitung besar. Maka dari itu, memilih agen properti yang ramah akan memudahkan Anda melalui setiap prosesnya.

Namun tidak semua agen sifatnya membantu Anda, beberapa diantaranya mungkin kurang bisa di andalkan untuk menjual properti Anda. Agen properti yang tidak profesional justru akan merepotkan bahkan membuat anda rugi.

Agar Anda tidak terjebak dengan agen properti yang seperti ini, Anda harus waspada terhadap agen yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1. Memaksakan kontrak bagi hasil.

Terkadang ada agen properti yang secara tiba-tiba menawarkan pembeli, dengan maksud agar Anda akan merasa senang ada calon pembeli properti anda. Namun itu hanya sebuah trik agar Anda bersedia menyepakati kontrak bagi hasil yang telah dirancang dengan mengikat.

Misalnya properti harus Anda pasang banner dengan nomor kontak agen tersebut. Hal ini tentu saja sangat merugikan bagi Anda. Jangan sampai Anda memilih agen properti tersebut.

2. Sulit berkomunikasi.

Sebagai pengguna jasa agen, Anda harus bisa berkomunikasi dengan agen setiap Anda membutuhkan informasi mengenai properti.

Jika dalam beberapa minggu Anda belum mendapat kabar telepon atau pesan dari agen, maka Anda harus memilih agen properti lain yang lebih bisa di andalkan agar properti Anda bisa secepatnya terjual sehingga tidak merugikan anda dalam hal waktu.

3. Memaksakan harga secara sepihak.

Ada beberapa agen yang biasanya memaksakan harga untuk properti Anda. tidak menutup kemungkinan agen tersebut sudah memiliki calon pembeli dengan harga yang lebih murah dari yang di informasikan kepada Anda.

Sedangkan anda mendapatkan harga yang jauh dari pasaran. Agen yang baik justru akan memberikan informasi kisaran harga pada properti anda sesuai dengan harga pasar.

4. Popularitas agen.

Semakin terkenal agen properti bukan berarti semakin menguntungkan Anda. Agen dengan popularitas tinggi justru bisa saja mengalihkan properti Anda kepada teman seprofesi atau asistennya karena agen tersebut terlalu sibuk dengan banyaknya klien.

5. Memberikan janji-janji yang berlebihan.

Menjanjikan pembeli kepada Anda dalam waktu yang singkat atau menjanjikan Anda ganti rugi berupa rumah apabila properti anda belum terjual dalam waktu yang ditentukan. Itu merupakan trik agen nakal untuk membuat anda menyerahkan properti. Besar kemungkinan anda akan dirugikan oleh agen yang seperti itu.

Jadilah penjual yang cerdas dengan menyerahkan properti anda kepada agen yang bisa di percaya sepenuhnya agar anda tidak merasa dirugikan secara materiil maupun non materiil. Anda harus teliti dalam memilih agen properti yang tepat. Semoga bermanfaat.

Comments are closed.