Aturan Menata Pintu Rumah Menurut Feng Shui

Feng Shui adalah salah satu orang yang berasal dari Tiongkok, ketika membicarakan Feng Shui maka akan berkaitan erat dengan kelimpahan, kemakmuran, kenyamanan dan masih banyak lainnya.

Feng Shui memiliki pendapat mengenai cara membuat rumah desain rumah hingga letak rumah dan masih banyak lainnya. Namun yang akan dibahas kali ini adalah mengenai pintu rumah menurut Feng Shui.

Aturan Menata Pintu Rumah Menurut Feng Shui

Menurut Feng Shui pintu rumah sama halnya dengan mulut, manusia. Mulut adalah tempat berasalnya semua kata dikeluarkan. Sama halnya dengan pintu, terutama pintu depan. Pintu depan dianggap sebagai tempat masuknya semua energi pada rumah. Oleh sebab itu sebagai pemilik rumah harus bisa mengontrol pa saja yang masuk pad rumah.

Untuk pintu menurut Feng Shui sebaiknya di sekelilingnya harus tampil harmonis. Apa yang harus ada dan tidak ada pada pintu masuk harus seimbang, apa yang sekiranya mengganggu harus dibuang dan apa yang merasa kurang harus ditambahkan.

Memberikan sentuhan pada pintu rumah juga dapat menciptakan kesan tertentu pada tamu yang datang.

Berikut adalah tatanan Pintu menurut Feng Shui bisa dilihat dibawah ini.

1. Taman bunga di depan pintu masuk

Pada tanaman bunga terdapat unsur tumbuhan, kayu, daun dan air. Ini salah satu unsur yang harus ada menurut Feng Shui. Semua elemen ini menAndakan kemakmuran, kenyamanan, alam dan kedamaian.

Jika Anda suka menanam bunga maka letakkan bunga berada dekat dengan pintu dengan ditata sedemikian rupa. Dengan menambah tanaman maka akan menarik energi buruk yang dibawa oleh tamu. Ketika pintu rumah terlihat cantik maka akan meningkatkan aura batin pemilik rumah.

2. Energi, cahaya dan udara

Pintu depan adalah pintu yang jarang dibuka, paling dalam sehari pintu ini hanya dibuka sekali. Dengan begitu cahaya matahari yang masuk tidak bisa serta merta seluruhnya. Untuk itu dalam memasang pintu menurut Feng Shui harus dilengkapi dengan beberapa hal sebagai berikut:

  • Tambahkan jendela kecil di depan pintu.
  • Pintu depan harus dicat dengan rapi tanpa pecah-pecah dan tentunya indah. Hal ini untuk melambangkan kemakmuran.
  • Letakkan nomor rumah di daerah pintu gar lebih jelas
  • Letakkan pula dua bunga di antara sisi pintu untuk menarik energi positif yang masuk.

3. Feng Shui di sekitar pintu depan

Menurut Feng Shui antara pintu depan dengan kamar mandi tidak boleh berhubungan secara langsung. Maksudnya adalah jangan sampai kamar mandi terlihat melalui pintu depan, hal ini karena di anggap tidak etis.

Jika rumah sudah terlanjur didesain seperti itu maka berilah kelambu untuk menutupi antar kamar mandi dengan pintu depan.

4. Diagram bagua

Anda bisa menata pintu seperti diagram bagua, hal ini bisa lakukan dengan meletakkan bunga di sebelah kanan pintu untuk melambangkan kebudayaan atau persahabatan.

Selain itu diletakkan pula wadah air di sebelah kiri pintu yang melambangkan pengetahuan.

5. Warna di pintu gerbang

Pintu gerbang adalah kesan pertama yang dilihat oleh orang. Dalam memberikan warna pada pintu gerbang sebaiknya tidak menggunakan warna yang gelap. Selain itu penerangan yang ada pada pintu gerbang harus terang.

Anda bisa memberikan sentuhan warna pada pintu gerbang seperti warna putih, gading dan warna netral lainnya.

6. Tangga masuk berkelok dan bunga di sisinya

Untuk rumah yang tergolong rumah mewah biasanya untuk memasuki pintu depan terdpat sebuah tangga. Oleh karena itu sebaiknya dalam pembuatan tangga dibuat berkelok dan di sekitarnya terdapat bunga yang menghiasi tangga.

Hal ini untuk melunakkan energi yang masuk ke rumah. Pastikan warna bunga yang berada di kedua sisi tangga harus sama. Hl ini untuk menumbuhkan rasa kedamaian, terlebih lagi bunga tersebut adalah bung melati.

Menurut Feng Shui dalam menata pintu rumah harus di tur dengan baik. Hal ini gar chi yang terdapat dalam rumah dapat terpancarkan. Pintu menurut Feng Shui juga tidak boleh berhadapan langsung dengan kamar mandi, karena hal ini dianggap tidak etis oleh Feng Shui.

Feng Shui juga terkenal sebagai tokoh yang senang dengan hal-hal kemakmuran, perdamaian dan alam. Oleh karena itu banyak orang-orang yang mengikuti gaya mendesain rumah seperti yang dilakukan oleh Feng Shui.

Comments are closed.