6 Cara Desain Rumah Yang Nyaman Bagi Anak

Rumah memanglah kebutuhan yang harus ada bagi manusia, hal ini karena rumah merupakan kebutuhan pokok. Kelurga membutuhkan rumah untuk tempat tinggal, tempat berlindung khususnya bagi anak-anak.

Lalau bagaimana rumah yang nyaman bagi anak? Kadang-kadang orang tua kurang memperhatikan kenyamanan rumah bagi anak-anaknya. Padahal hal ini sangat penting mengingat keselamatan anak yang berada di rumah.

6 Cara Desain Rumah Yang Nyaman Bagi Anak

Beberapa kasus yang sering terjadi ada anak yang jatuh dari apartemen, anak yang jatuh dari tangga dan masih banyak lainnya. Dengan adanya beberapa kasus tersebut seharusnya orang tua perlu menyadari betapa pentingnya kenyamanan anak terhadap rumah. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara mendesain rumah yang nyaman bagi anak.

Selain dapat memberikan rasa nyaman namun desain ini juga bisa mempercantik tampilan rumah.

1. Memilih perabotan yang tepat

Dalam mendesain rumah yang nyaman bagi anak maka dalam pemilihan perabotan harus diperhatikan. Hindari perabotan yang berbentuk lancip serta menyiku. sebaiknya untuk perabotan yang menyiku seperti meja, nah yang harus dilakukan adalah memilih meja yang memiliki ujung menyiku namun lembut.

Sehingga keamanan dan kenyamanan anak akan terjaga. Perlu diperhatikan pula untuk penggunaan lampu, usahakan kabel lampu tidak berserakan di lantai, karena ini berbahaya untuk anak. Dengan melakukan pemilihan perabotan yang tepat maka rumah anda akan menjadi rumah yang nyaman bagi anak.

2. Selektif dalam memilih lampu meja

Selain memilih perabotan yang tepat langkah selanjutnya dalam membuat rumah yang nyaman bagi anak yaitu dengan tidak menggunakan lampu meja di ruang tamu.

Ya meskipun penggunaan lampu meja di ruang tamu dapat mempercantik ruang tamu, namun kabel yang digunakan lampu tersebut akan berserakan di lantai, sehingga dapat membahayakan anak.

Pilihan yang tepat jika ingin menggunakan lampu meja sebaiknya letakkan lampu pada meja konsol.
Selain itu pilihlah lampu yang berat agar tidak mudah jatuh saat tersenggol. Sebaiknya gunakan lampu yang berukuran tinggi, kemudian letakkan lampu berada di belakang sofa untuk menjaga keamanan dan kenyamanan anak.

Terlebih lagi jika anak sedang pada masa hiperaktif, maka semua barang akan disentuh oleh anak-anak. Oleh karena itu perlunya memperhatikan ini sangat penting.

3. Cermat dalam memilih bahan

Dalam memilih bahan-bahan yang akan digunakan untuk mendesain rumah yang nyaman bagi anak, maka yang perlu diperhatikan adalah memilih bahan yang tidak mudah kotor.

Misalnya dalam pemilihan karpet, cat dinding, dan bahan-bahan lainnya. Pilihlah bahan-bahan yang mudah untuk dibersihkan, selain itu sebaiknya hindari bahan-bahan beludru dan sutera. Karena kedua bahan ini ketika terkena kotoran akan susah di bersihkan.

4. Fungsi ganda

Pilihlah perabotan yang memiliki fungsi ganda, misalnya dalam memilih lemari yang berada di ruang keluarga, anda bisa menggunakan lemari untuk alat-alat perabot dan juga bisa digunakan untuk menyimpan mainan anak.

5. Hindari kamar di lantai atas

Khusus bagi anda yang memiliki rumah 2 lantai atau lebih, maka sebaiknya gunakan kamar yang berada di lantai satu. Hal ini bertujuan agar keamanan dan kenyamanan anak terlindungi.

Jika melihat dari beberapa kasus yang sering terjadi karena kelalaian orang tua sehingga anak jatuh dari tangga, oleh sebab itu perlu di waspadai. Lebih baik menggunakan kamar yang ada di lantai satu untuk menjaga agar rumah menjadi rumah yang nyaman bagi anak.

6. Pemilihan tempat tidur anak

Untuk anak yang sedang dalam prose berjalan ataupun merangkak sebaiknya pilihlah jenis tempat tidur yang memiliki pelindung di sekitarnya. Dengan begitu anak tidak akan mudah jatuh dari tempat tidur.

Dan untuk anda yang tidur bersama anak, ada baiknya menggunakan kasur yang tidak terlalu tinggi dan di bagian bawah diletakkan karpet yang tebal untuk jaga-jaga jika sewaktu-waktu anak terjatuh saat tidur.

Keamanan dan kenyamanan anak di rumah tentunya menjadi prioritas utama bagi orang tua. Oleh sebab itu dalam mendesain rumah yang nyaman bagi anak perlu diperhatikan. Hal ini demi keamanan dan kenyamanan anak anda sendiri.

Untuk menciptakan rumah yang nyaman bagi anak, maka anda bisa menggunakan 6 langkah mendesain rumah yang nyaman bagi anak di atas. Dengan begitu anda akan merasa tenang dan anak pun akan merasa nyaman saat berada di rumah.

Comments are closed.