5 Tips Membeli Ruko Agar Tiada Penyesalan Dikemudian Hari

Memiliki ruko sendiri merupakan idaman bagi setiap pebisnis. Ya, dengan adanya tempat usaha yang tetap, maka kegiatan usaha dapat berjalan dengan mudah dan keuntungannya pun akan terus bertambah.

Tips Membeli Ruko Agar Tiada Penyesalan Dikemudian Hari

Ruko menjanjikan hunian yang kondusif serta nantinya dapat disewakan jika Anda sudah tidak membutuhkannya lagi. Tentu tiada kerugian yang akan didapatkan jika Anda memiliki ruko. Ya, selain dapat digunakan sebagai tempat usaha, ruko juga bisa dijadikan sebagai lahan bisnis yaitu dengan membuka jasa penyewaan ruko.

Nah, untuk membeli ruko tentu ada hal-hal yang harus diperhatikan agar tidak mengalami penyesalan di kemudian hari. Apa sajakah itu? Yuk langsung saja simak ulasan menariknya berikut ini.

1. Membeli atau menyewa

Sebelum memfasilitasi usaha dengan menggunakan ruko, penting sekali bagi Anda untuk mempertimbangkan antara membeli atau menyewa ruko. Tentu ini disesuaikan dengan keadaan bisnis yang sedang Anda jalani, apakah sedang melakukan star up atau ekspansi.

Jika Anda sedang melakukan star up dan memiliki modal yang besar, maka alangkah lebih baik jika Anda membeli ruko. Namun jika star up-nya belum memiliki modal yang memadai, maka langkah yang paling tepat adalah menyewa ruko.

Nah, jika usaha Anda sudah masuk ke dalam tahap ekspansi, maka membeli ruko adalah langkah yang mutlak dan harus Anda pilih. Ya, hal ini untuk menghindari terjadinya kenaikan harga secara sepihak oleh pemilik ruko jika Anda masih menyewa padahal sudah masuk ke dalam tahap ekspansi.

Kelebihan dari menyewa ruko adalah biaya yang dikeluarkan tidak sebanyak ketika membeli ruko. Namun, jika sewaktu-waktu pemilik menaikkan tarif, maka akan berdampak buruk bagi usaha Anda.

2. Pertimbangkan lokasi usaha

Memilih lokasi yang strategis memang pilihan yang tepat. Namun, semua tetap tergantung dnegan budget yang dimiliki. Jika memang tidak memiliki cukup uang untuk menyewa ruko ditempat yang strategis, maka tidak perlu memaksakan diri.

Perlu Anda ketahui bahwa lokasi yang strategis juga belum tentu bisa memajukan usaha Anda. Ya, percuma saja lokasinya strategis namun tempatnya tidak aman untuk dihuni. Kemajuan usaha Anda juga bisa dilihat dari jumlah pesaing yang ada di ruko tersebut.

Jadi, pemilihan tempat strategis hanya mempengaruhi beberapa persennya saja tidak mutlak seratus persen.

Ternyata tidak semua usaha harus dekat dengan jalan raya, misalnya saja usaha terapi anak autis yang harus berada di tempat sepi dan kondisi lingkungan yang kondusif. Jadi, membeli ruko di tempat yang strategis bukan lagi ukuran kesuksesan dari suatu bisnis.

3. Lokasi keamanan dan parkiran

Sebelum memutuskan untuk membeli ruko, alangkah lebih baik jika mencari informasi sedetail mungkin tentang ruko tersebut. Carilah informasi apakah lokasi tersebut aman dari banjir, pencurian, tanah longsor, kebakaran, dan lain sebagainya.

Selain itu, cari tahu pula tempat parkirnya apakah berbayar atau tidak. Lebih baik carilah ruko yang tidak berbayar karena akan menguntungkan usaha Anda.

Jika Anda merasa informasi yang didapatkan kurang, maka lebih baik mengunjungi secara langsung ruko tersebut sekalian Anda melihat budaya dari masyarakat setempat apakah bertentangan dengan usaha yang akan jalankan atau tidak.

4. Kondisi bangunan

Konsisi bangunan menjadi poin penting yang harus Anda perhatikan jika ingin membeli sebuah ruko. Lihatlah kondisi fisik dan karakteristik dari bangunan tersebut, mulai dari lantai, kamar mandi, dinding, air bersih, kapasitas listrik yang terpasang, saluran air kotor, seberapa kuat lantai menahan beban, dan lain sebagainya.

Jika Anda tidak melihat langsung kondisi fisik dari bangunannya, takutnya Anda akan tertipu nantinya. Ya, terkadang ada agen properti yang tidak terpercaya dengan menampilkan foto yang tidak sesuai dengan aslinya.

Dengan melihat kondisi bangunannya secara langsung, Anda bisa menentukan harga yang sesuai dan Anda juga bisa melakukan nego jika harganya tidak sesuai dengan perkiraan Anda.

5. Legalitas

Jangan lupa untuk menanyakan dokumen pelengkap dari ruko tersebut. Hal ini sangat penting bagi Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tanah sengketa dan lain sebagainya.

Yang perlu Anda tanyakan adalah IMB, sertifikat tanah dan bangunan, HGB, dan lain sebagainya. Dengan adanya dokumen tersebut, maka ruko yang akan dibeli tidak akan menimbulkan masalah di kemudian hari karena bisa dipertanggungjawabkan dengan menggunakan dokumen. Satu hal lagi yang penting adalah jangan lupa untuk mengecek apakah dokumen tersebut asli atau palsu.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas akan meminimalisir terjadinya penipuan dalam membeli ruko. Jadi, Anda dihimbau untuk mempraktekannya ketika akan membeli sebuah ruko.

Mengingat ruko merupakan aset yang mahal, jadi Anda harus benar-benar memikirkannya secara matang apakah ingin membeli atau hanya sekedar menyewa agar tidak memunculkan penyesalan di kemudian hari.

Jika Anda masih ragu, silahkan berkonsultasi dengan ahlinya mengenai hal ini. dengan begitu, Anda semakin mantap dalam mengambil keputusan dan usaha yang Anda jalankan pun dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Comments are closed.