5 Aspek Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah Idaman

Memiliki rumah idaman adalah dambaan setiap orang. Dengan memiliki rumah idaman maka Anda bisa merasa nyaman dan betah saat berada di rumah. Rumah idaman setiap orang tentunya berbeda, ada orang yang mengidamkan rumah yang mewah, namun ada pula orang yang mengidamkan rumah yang sederhana dengan desain yang menarik.

5 Aspek Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah Idaman

Namun, untuk memiliki rumah idaman tidak semua orang mampu untuk membeli rumah idaman mereka. Hal in karena berbagai keterbatasan yang dimiliki. Keterbatasan tersebut bisa karena finansial ataupun masalah lainnya. Bagi Anda yang ingin memiliki rumah idaman, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dan dilakukan.

Hal ini bertujuan agar rumah idaman yang diinginkan dapat dimiliki. Untuk itu Anda perlu melakukan hal-hal berikut.

1. Analisa keuangan

Untuk membeli rumah idaman Anda perlu melakukan analisa terhadap keuangan yang dimiliki. Hitung jumlah penghasilan kemudian dikurangi dengan jumlah pengeluaran setiap bulan. Dengan begitu Anda akan mendapatkan hasil perhitungan keuangan yang pasti.

Hitungan tersebut bisa Anda gunakan untuk melakukan kredit rumah idaman Anda. Namun dalam menghitung jangan lupakan tentang kenaikan inflasi saat kredit rumah berjalan. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap biaya cicilan yang harus dikeluarkan.

2. Survei

Saat ingin membeli rumah idaman sebaiknya perlu melakukan survei terlebih dahulu pada tempat rumah yang ingin di beli. Hal ini karena lokasi akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan yang didapatkan.

Carilah lokasi yang strategis, namun jangan hanya melihat lokasi saja, tapi kondisi bangunan serta harga juga harus diperhatikan. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan rumah idaman yang terbaik dan juga memiliki harga yang sesuai dengan kesanggupan.

3. Menentukan cicilan per bulan

Untuk membeli rumah idaman dengan menggunakan KPR maka yang harus disiapkan adalah cicilan per bulan. Dalam memilih cicilan per bulan pastikan jangan memilih cicilan yang melebihi 30% dari gaji yang dihasilkan. Dengan begitu Anda juga mampu memenuhi kebutuhan lainnya.

Untuk melakukan DP rumah pastikan untuk menyiapkan uang sebanyak 30% dari harga rumah idaman. Siapkan pula uang tambahan sebanyak 5% untuk biaya tambahan lainnya. Uang 5% ini berfungsi untuk membayar notaris, mengurus pengajuan KPR dan masih banyak lainnya.

4. Pastikan tidak memiliki hutang

Ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah idaman, pastikan tidak memiliki hutang. Hl ini karena Anda harus membayar cicilan KPR setiap bulannya. Dan jika Anda memiliki hutang maka Anda akan kemungkinan bahwa cicilan KPR bisa macet di tengah jalan.

Jika Anda memiliki hutang pada saat melakukan cicilan KPR maka sama saja Anda mencekik leher sendiri. Dengan kata lain Anda hanya akan menyusahkan diri sendiri. Untuk itu lakukanlah apapun semampunya, jika tidak mampu maka jangan dipaksakan.

5. Mulailah menabung

Saat Anda memiliki keinginan membeli rumah idaman, maka berilah motivasi kepada diri sendiri untuk rajin menabung. Menabung ini sangat penting ketika membutuhkan sesuatu atau menginginkan sesuatu. Hal ini karena tabungan dapat membantu sewaktu-waktu Anda membutuhkan hal yang mendesak.

Sama halnya dengan membeli rumah, yang harus dipersiapkan adalah uang yang cukup. Dan uang tersebut dapat dihasilkan dengan cara menabung sejak dini.

Paling tidak jika Anda menginginkan membeli rumah idaman, tentukan dahulu berapa kisaran harga rumah yang ingin dibeli. Jika sudah maka mulailah menabung dengan memperkirakan inflasi yang akan naik pada rumah yang akan dibeli.

Dengan memiliki tabungan sebanyak 30% dari harga rumah saja, maka Anda bisa memiliki rumah idaman Anda. Lain halnya dengan mereka yang tidak menabung, maka untuk memiliki rumah idaman akan terasa sulit.
Untuk itu rajinlah menabung, karena menabung akan bermanfaat dan dapat digunakan untuk masa yang akan datang.

Mampu membeli rumah idaman adalah impian setiap orang, oleh karena itu berusahalah sejak dini dengan cara menabung agar dapat memiliki rumah idaman yang diinginkan.

Pada dasarnya setiap orang mampu mewujudkan apapun yang diinginkan. Semua itu tergantung dari usaha dan tekad yang kuat dalam menghadapinya. Jika Anda ingin membeli rumah idaman, Anda bisa menerapkan beberapa hal di atas untuk memiliki rumah idaman yang diinginkan.

Comments are closed.